The Urheka Project : Mimpi Dalam Mimpi

"All that we see, or seem, is but a dream within a dream." - Edgar Allan Poe, A Dream Within A Dream, 1846.

Thursday, July 20, 2006

Berkebunkata Di BungaMatahari

BERKEBUNKATA DI BUNGAMATAHARI

berkebun adalah hobi yang menyenangkan. cocok untuk mereka yang punya banyak waktu, seperti pensiunan atau ibu rumah tangga. bapak rumah tangga pun bisa melakukannya. atau sekedar mengisi waktu luang bagi mereka yang tidak tahu harus melakukan apa di akhir pekan, seperti aku yang jomblo ini.

tokh, nenek moyang kita bukan cuma bangsa pelaut, tetapi juga petani dan pekebun. lihat saja nama-nama kebon kacang, kebon nanas, kebon nangka, kebon pala, kebon manggis, kebon jeruk, kebon jahe, kebon singkong dan seterusnya. lalu ada pula yang modern seperti kebun binatang di ragunan dan kebunkata milik bungamatahari..... aih, rupanya aku sudah ngelantur.....:-)

maka aku pun mulai menggarap pekarangan rumahku. kuambil cangkul kecil, dan aku pun mulai bernyanyi. cangkul...cangkul...cangkul yang dalam... eh, ini rupanya lagu yang kukenal dulu semasa masih kanak-kanak. aah...semakin jauh rupanya aku ngelantur...:-)

dan lalu aku menaruh bibit-bibit yang telah kusiapkan didalam lubang-lubang yang kugali. mulai dari yang murah sampai yang mahal. mulai dari yang kecil sampai yang besar. mulai dari lembaran seratus rupiah, limaratus rupiah, seribu rupiah hingga seratus ribu rupiah.

aku menanam uang di halaman rumahku, karena aku tidak lagi percaya pada bank dan teman-temannya itu. aku menanam uang kertas karena kertas dari kayu dan kayu bisa tumbuh menjadi pohon besar dan berbunga dan suatu waktu aku bisa memanennya. dan dengan segepok uang yang memenuhi semua saku baju dan celana jeans-ku, aku bisa datang dengan kepala tegak pada ibumu, untuk melamar anaknya.
: maukah kau menjadi istri tukang kebun seperti aku?

auw...! siapa yang mencubitku? aku ingin mendengar jawabannya... auw! tolong jangan bangunkan aku dari tidur siang bolong ini...

Sawangan, 23 Maret 2006 - Jakarta, 13 Juli 2006
Urip Herdiman K.

0 Comments:

Post a Comment

<< Home