The Urheka Project : Mimpi Dalam Mimpi

"All that we see, or seem, is but a dream within a dream." - Edgar Allan Poe, A Dream Within A Dream, 1846.

Tuesday, May 22, 2007

Efek Kupukupu Dan Laporan Cuaca Menuju Athena, 23 Mei 2007

EFEK KUPUKUPU
DAN LAPORAN CUACA MENUJU ATHENA, 23 MEI 2007

“When you walk through a storm
Hold your head up high
And don’t be afraid of the dark…”

Percayakah kau bahwa kepakan sayap kupukupu kecil di hutan belantara Brazil dapat menyebabkan tornado di Texas? Ini yang yang mengatakan Edward Lorenz dari MIT. Aku tidak hnendak memaksamu untuk percaya pada efek kupukupu ini, tetapi memang aku tidak suka pada seorang koboi Texas yang menginjakkan kakinya dengan pongah ke seluruh penjuru dunia.

Lalu siapa yang akan menang di final Liga Champions 2007 ini di Athena nanti? Apakah Rossoneri yang mengusung semangat balas dendam akan meraih trofi ketujuhnya? Ataukah The Reds, yang adalah mimpi buruk untuk semua tim, akan menggapai gelar keenamnya? Hohoho… Aku tidak bisa cuti memikirkanmu. Apakah kau bisa membaca pikiran orang, membaca pikiranku?

Angin dan cuaca memang selalu berubahubah, apalagi di seluruh dunia orang berbicara tentang pemanasan global, efek rumah kaca, energi alternatif, biofuel… Lho, kenapa aku bicara tentang pekerjaanku seharihari? Aku mencoba membaca pikiranmu, pintu mana yang akan kau buka. Apakah kau bisa membaca pikiranku? Aha…kau cari aku diantara filsafat dan mimpi.

Tetapi berita tentang gelombang pasang di pantai barat Sumatera, selatan Jawa dan pulaupulau Nusa Tenggara memang dahsyat dan menggetarkan. Lalu kubaca pula tentang siklus seratus tahunan bencana alam yang akan datang ke negeri ini. Apakah kita sedang saling membaca pikiran masingmasing? Aih…diamdiam, malumalu.

Dan yang tidak kalah seru ialah sengketa tanah antara warga Meruya Selatan melawan Portanigra. Adu kuat, adu nafas, adu becking. Tetapi siapa di belakang perusahaan yang tibatiba muncul dari perut bumi itu, setelah lama tertidur? Apa yang sedang kau pikirkan sekarang?

Maaf, aku lebih suka memikirkan final di Athena. Pertemuan kedua dalam tiga tahun, setelah final dramatis di Istanbul tahun 2005. Semua prediksi memihak Milan, bahkan orang sekelas Pele dan Eriksson. Ada prediksi yang rasional, ada yang irrasional. Tidak apa, ini sepakbola dan bola itu bundar. Apakah kita bisa melihat masa depan? Keputusan apa yang akan kita buat untuk diri kita masingmasing?

“Walk on through the wind
Walk on through the rain…”

Lalu tibatiba Blair mengumumkan pengunduran dirinya setelah sepuluh tahun berkuasa. Wolfowitz jatuh dari kursinya di World Bank. Dan Carter mengecam persekutuan Bush dan Blair yang menjerumuskan dunia pada pilihan yang sempit dengan pre-emptive war mereka. Tragedi Afghanistan dan Irak adalah tanggung jawab mereka. Ya, Blair menjadikan Inggris hanya sekedar anjing Amerika. Hohoho… Ini sudah akhir bulan. Pilihan mana yang akan kau ambil? Aku mencoba dan mencoba terus membaca pikiranmu.

Hehehe… Ini jauh dari Anfield, juga jauh dari Athena. Tetapi aku salut pada Amien Rais, yang biasanya plinplan. Dia bilang bahwa dia siap masuk penjara jika memang terbukti menerima aliran dana dari Rokhim Dahuri. Nah, begitu donk, beri kami hiburan sedikit yang menyejukkan. Ucapan politisi tidak bisa dipegang. Mungkin kita sedikit lupa dengannya. Jangan dulu. Dia pernah punya jasa sembilan tahun yang lalu, karena memotori reformasi yang sekarang dianggap mengecewakan banyak pihak. Entah pihak yang mana. Mungkin yang belum pernah kebagian kursi. Hahaha… Aku terus memikirkanmu.

Dan puncaknya adalah ketika Soeharto menyatakan kalimatnya yang terakhir, dan menjadi terkenal. “Saya menyatakan untuk berhenti!” kata Soeharto pada 21 Mei 1998. Apakah lantas langit runtuh? Tidak, tetapi semua penduduk negeri bersorak gembira. Sudah kau baca pikiranku? Belum? Tidak apa. Aku juga sulit membaca pikiranmu.

Aku mendengar lagu itu sayupsayup. Semakin lama semakin keras.
“And you’ll never walk alone
You’ll never walk alone.”

Lalu aku membuka pintu hatiku, kembali ke tahun 1980-an. Di sana hanya ada Everton dan Liverpool yang menguasai Inggris. Dan hanya Liverpool yang menaklukkan Eropa. Once a Reds, always The Reds, only Reds.

Aku tidak bisa membaca pikiranmu, aku bukan orang sakti. Lupakan soal pintu, tetapi temukanlah sungaimu, dan ikuti arusnya.

Sawangan – Jakarta, 21 – 22 Mei 2007

Urip Herdiman K.

Catatan :
Petikan lirik dari You’ll Never Walk Alone, lagu supporter Liverpool. Pertama kali dibawakan oleh Garry and The Peacemakers.

0 Comments:

Post a Comment

<< Home