The Urheka Project : Mimpi Dalam Mimpi

"All that we see, or seem, is but a dream within a dream." - Edgar Allan Poe, A Dream Within A Dream, 1846.

Tuesday, January 08, 2008

Jiwa yang Mengembara

JIWA YANG MENGEMBARA

Kelahiran bukanlah awal, kematian bukanlah akhir
- Chuang-Tzu

Aku makhluk cahaya,
jiwa yang mengembara

Aku menentukan tema pembelajaran yang akan kujalani,
tujuan kehidupanku,
memilih waktu turun ke bumi
masuk ke tubuh fisik
dan keluarga yang menerimaku

Aku mengalami amnesia spiritual
karena ingatanku tentang kehidupan-kehidupan lampau
dicuci di sungai pelepas ingatan

Kelahiran membuka pintu bagiku,
jiwa yang masuk dalam tubuh
: gelap

Aku selalu bermimpi
karena mimpi adalah bahasaku untuk berbicara
dengan sesama jiwa dan dengan tubuhku sendiri

Kematian membuka pintu bagiku
jiwa yang mengembara
: terang

Aku selalu datang dari terang
masuk ke dalam gelap
untuk kembali ke terang

Sawangan - Jakarta, 14 – 18 Desember 2007

Urip Herdiman K.

Labels: