The Urheka Project : Mimpi Dalam Mimpi

"All that we see, or seem, is but a dream within a dream." - Edgar Allan Poe, A Dream Within A Dream, 1846.

Monday, February 11, 2008

Menangkap Tikus Di Tahun Tikus

MENANGKAP TIKUS DI TAHUN TIKUS

Perayaan Tahun Baru Imlek 2559 baru saja berlalu minggu lalu. Tetapi tulisan ini bukan tentang Tahun Tikus, melainkan tentang tikus-tikus yang banyak berkeliaran di sekitar kita.

Tikus adalah binatang pengerat. Dia bisa kita temukan di mana saja. Tidak perlu jauh-jauh, dia ada di sekitar kita. Di rumah, di loteng, di dapur atau di gudang. Sedikit agak jauh, di luar rumah kita, mungkin di kebun atau di selokan air.

Sebagai binatang pengerat, tikus harus selalu menggerogoti sesuatu, dengan tujuan utama untuk menjaga agar giginya tidak tumbuh panjang. Karena jika itu terjadi, gigi-gigi tikus akan melukai moncongnya sendiri. Tidak heran kalau tikus selalu menggerogoti apa saja yang ditemukannya. Makanan, beras, kayu, plastik dan saya yakin juga termasuk kawat. Wow! Rasanya tikus tidak pernah ke dokter gigi ya...

Saya pernah melihat sebuah film dokumenter di sebuah stasiun televisi tentang tikus. Tikus yang ada sekarang, katanya, tidak banyak berbeda dengan tikus zaman prasejarah. Jadi mungkin tikus zaman dinosaurus masih sama dengan tikus zaman sekarang ini.

Dalam pengamatan saya, (hehehe… keren ya…) tikus sebenarnya punya kelemahan. Dia tidak tahan melihat cahaya. Lihat saja, setiap pagi, di jalan-jalan selalu ada tikus yang mati tergilas roda mobil dan motor. Biasanya itu terjadi saat ia mau menyeberangi jalan dan mendadak muncul mobil atau motor dengan lampunya yang menyilaukan mata mereka. Panik, tidak bisa berbalik arah dan memilih diam saja. Gress!

Apakah tikus ada lawannya? Ada, tetapi jangan kita lihat film cartoon Tom & Jerry, di mana si tikus selalu menang dan si kucing selalu kalah. Di luar rumah, lawan tikus adalah ular sawah dan burung hantu. Di dalam rumah, lawannya adalah kucing. Cuma saja kucing rumah sekarang terlalu kecil, terlalu manis dan juga terlalu jinak. Sementara tikusnya menjadi lebih besar dan gemuk. Hehehe… Maklum, makanan sisa yang disantapnya memang bergizi. Kucing pun bisa keder ketemu tikus.

Karena makanan yang bagus itulah, tikus berevolusi luar biasa. Tikus sekarang bisa pakai jas, dasi, sepatu mahal dan mobil mewah. Dia bisa membaca, menulis dan menghitung. Paling jago kalau ia menghitung uang dan mencari peluang keuntungan untuk dirinya sendiri. Tikus betah nongkrong di kantor-kantor pemerintahan, walau ada juga di kantor perusahaan swasta. Dia juga tidak lagi sembunyi di bawah meja, tetapi terang benderang di atas meja. Jadi jangan harap dia bakal mati di jalanan tergilas mobil. Dia senang cahaya, termasuk lampu kamera, karenanya ia senang difoto atau bahkan masuk televisi sekalipun. Selebritis bo’…

Tikus-tikus yang ini spesialis menyikat uang anggaran, rutin maupun proyek pembangunan, dan mungkin saudara-saudaranya kalau ada. Hidung tikus terbaru ini sangat tajam dalam mencium dimana ada uang.

Banyak kucing yang sudah dipersiapkan untuk memerangi tikus-tikus ini. Dan hasilnya, belum terlalu sukses, walau mungkin bisa diperdebatkan apa ukuran suksesnya. Beritanya heboh, lalu perlahan-lahan menjadi senyap. Yang paling baru adalah KPK, dibacanya ka-pe-ka. Ini kucing sakti yang dipersenjatai dengan segala macam peraturan hukum, bukan hanya misai, gigi dan cakar saja.

Sayang sekali, dalam astrologi China, sesudah Tahun Tikus adalah Tahun Kerbau. (Kemana ya kucing-kucing itu sewaktu nenek moyang bangsa China menyusun astrologinya?) Kalau saja ada Tahun Kucing, seharusnya ditempatkan sesudah Tahun Tikus. Pastilah tikus-tikus bakalan ketakutan.

Eh, tentang tikus dan kucing ini, Deng Xiaoping, pendekar politik dari China pernah berujar. “Tidak peduli kucing hitam atau kucing putih, yang penting bisa menangkap tikus,” kata Paman Deng sekali waktu, saat China sedang menggeliat bangun.

Nah, rupanya di China pun keadaannya sama dengan di negeri kita ini, baik dahulu maupun sekarang. Banyak tikus yang berkeliaran sementara kucing-kucingnya cuma bisa mengeong. Meeooong!!! *** (10 – 12 Februari 2008, Urip Herdiman K.)

Labels:

3 Comments:

Blogger Unknown said...

Saya suka ide penulisannya pak...
runtut dan enak dibaca...
Oh, ya, saya suka kritikannya.. dari kritik itulah saya belajar
makasih ya..
moga gak lelah mengkritisi saya.. he..he..

5:08 PM  
Blogger John said...

michael kors handbags
uggs on sale
cheap soccer shoes
cheap ugg boots
michael kors outlet
jordans for sale
mont blanc pens
tory burch sale
coach outlet
gucci outlet
jordan retro
michael kors outlet
coach outlet
lebron 12
marc jacobs
hollister kids
michael kors outlet online
coach outlet
louis vuitton handbags
ugg boots
louis vuitton outlet
michaek kors handbags
cheap uggs
coach factory outlet
louis vuitton outlet
christian louboutin outlet
ugg boots
michael kors outlet clearance
louis vuitton backpack
ugg outlet
ray ban sunglasses outlet
oakley sunglasses wholesale
20151224yuanyuam

5:15 PM  
Blogger Unknown said...

zhengjx20160429
christian louboutin shoes
cheap jerseys
concord 11
gucci belts
michael kors handbags
fitflop shoes
ray ban outlet
louis vuitton handbags
juicy couture
nike air max uk
nfl jerseys
nike store outlet
ray bans
cheap oakleys
red bottom shoes
true religion jeans
louis vuitton handbags
michael kors outlet
ray ban sunglasses
ray ban sunglasses outlet
michael kors outlet clearance
replica rolex watches
kate spade handbags
ray ban outlet
coach outlet store online
nike running shoes for men
coach outlet store online clearances
coach factory outlet
oakley sunglasses
louboutin femme
michael kors bags
coach outlet clearance
michael kors outlet
basketball shoes
gucci outlet online
coach factory outlet
louis vuitton outlet
michael kors outlet online sale
ugg boots
gucci handbgs

7:13 PM  

Post a Comment

<< Home