The Urheka Project : Mimpi Dalam Mimpi

"All that we see, or seem, is but a dream within a dream." - Edgar Allan Poe, A Dream Within A Dream, 1846.

Monday, March 03, 2008

Dilarang Membaca Esai Ini

DILARANG MEMBACA ESAI INI

Hehehe… Mungkin Anda mengernyitkan dahi, atau tertawa membaca judul di atas. Sabar ya, boss.

Umur berapa saat pertama kali Anda merokok? Atau kapankah Anda merokok? Mungkin di usia SMA atau ketika duduk di bangku pergruan tinggi. Apa ada yang lebih muda dari itu? Saya percaya ada.

Tetapi coba perhatikan sekeliling kita saat ini, di zaman yang semuanya harus global, dan nongkrong pun harus di mall. Think global, act locally. Mungkin Anda bisa melihat anak Anda sendiri, adik, atau saudara, atau tetangga, atau siapa pun. Apakah mereka merokok atau tidak merokok?

Saya sering dalam perjalanan naik angkutan umum. Dan sering bertemu dengan anak-anak yang masih usia SMP atau bahkan SD sudah merokok. Sebagian masih malu-malu atau takut-takut, sebagian lagi sudah sangat ahli memegang batang rokok. Saya pikir ini sesuatu yang sangat mengkhawatirkan.

Pemerintah menerapkan aturan yang ketat tentang iklan rokok, termasuk harus disertai peringatan bahwa merokok dapat membahayakan kesehatan, menyebabkan serangan jantung, hipertensi dan impotensi. Tetapi apa hasilnya? Nothing.

Situasi ini memang cukup kompleks. Konsumsi rokok terus meningkat, cukai dan pajak dari industri rokok sangat besar, cukup menambal lubang APBN, walau belum sebesar kontribusi minyak dan gas bumi. Dan yang lebih penting lagi, industri rokok memberikan lapangan kerja yang luas. Pilihannya, peredaran rokok dibatasi atau kontribusi rokok diharapkan meningkat terus setiap tahunnya. Nah, pilih yang mana? Pilih yang terakhir, uangnya jelas dalam triliunan rupiah.

Yang menarik untuk saya, segala sesuatu yang dilarang, biasanya akan selalu menarik perhatian publik. Ingat saja tahun 1980-an akhir, film Pembalasan Ratu Laut Selatan (kira-kira judulnya seperti itu) dilarang, justru membuat orang heboh berduyun-duyun menontonnya. Buku-buku Pramoedya Ananta Toer dilarang, maka banyak orang yang mencarinya. Dan masih banyak lagi buku, film, atau bahkan mungkin rekaman musik yang dilarang, tetapi tidak mengurangi orang untuk membelinya. Rendra pernah dilarang, begitu juga dengan pemusik Mogi Darusman

Contoh lain, di suatu pojokan sering terdapat tulisan “Dilarang kencing di sini, kecuali anjing!” Apa yang Anda lihat? Betul, anjing tidak bisa membaca, jadi pengumuman itu tidak berlaku untuknya. Oranglah yang kencing di situ. Tak apa disamakan dengan anjing, asalkan bisa buang hajat kecil.

Atau lebih jauh lagi, apa yang dilarang agama, biasanya itu yang justru dilanggar untuk dilakukan. Dilarang berzinah, eh, orang-orang malah melakukan hubungan seks di luar nikah, pergi ke pelacuran, selingkuh, dan lain-lain. Dilarang minum minuman keras yang memabukkan, eh, industri minuman keras tumbuh sumbur, baik yang tradisional maupun yang modern. Dilarang mencuri, eh, pencuri bergentayangan dari kendaraan umum, terminal, stasiun, pasar hingga kantor-kantor pemerintahan. Korupsi itu, kan juga mencuri uang negara.



Kelihatannya, apa yang dilarang, tidak boleh atau jangan dilakukan, justru seringkali membuat orang melakukannya. Kenapa ya? Dalam buku-buku pengembangan diri, sering kita temukan pelajaran tentang afirmasi atau penegasan. Di situ, yang dianjurkan adalah kalimat-kalimat yang positif dan pendek. Kalimat negatif harus dihindari, karena membuat alam bawah sadar bingung. Kalau kalimatnya “Aku tidak ingin gagal lagi”, mungkin alam bawah sadar kita membacanya “Aku ingin gagal lagi”.

Jadi kalimat dengan kata-kata ‘dilarang’, ‘jangan’ dan ‘tidak boleh’, biasanya menghasilkan efek yang kontra produktif dengan maksud semula. “Dilarang merokok di sini”, akan dibaca oleh orang sebagai”Merokok di sini”. “Dilarang korupsi” dibacanya “Korupsi”. “Dilarang berzinah” dibacanya “Berzinah”.

“Dilarang membaca esai ini” dibacanya “Bacalah esai ini”. Hahaha…

Ini bisa terjadi karena otak kita mengalami kortsleting. Atau mungkin tidak semua otak kia ada di dalam tempurung kepala. Ada lho yang otaknya sudah pindah ke pantat atau ke dengkul. Hahaha… *** (3 Maret 2008, Urip Herdiman K.)

Labels:

7 Comments:

Blogger Unknown said...

Ha..ha..ha...
Lucu juga.., awalnya begitu serius, tapi di alkhirnya : Bacalah essai ini...
Bisa juga sih...

5:02 PM  
Blogger astrid savitri said...

Mungkin memang ada sirkuit di otak yg merespon kata "Dilarang" -- sebab saya kemudian membaca postingan ini secara otak menyuruh saya begitu...

very smart posting! hehe..

1:39 AM  
Anonymous Anonymous said...

bagoessss!!!!....mungkin krn manusia itu skrg kepala di kaki, kaki di kepala,..akhirnya yaah...jaka sembung bawa golok...kagak nyambung kok... ;)

5:56 AM  
Blogger kiran pramathas said...

Ya ya... seperti yang ditulis di buku The Secret, kl mw mencapai sesuatu harus fokus ke hal2 yang kita ingini saja.
Bahkan jangan memikirkan hal yang tdk diingini meskipun diembel2i kata 'tidak' atopun negatif sentence laennya, soalnya fokus akan tetap tertuju pada hal2 yg tdk diingini itu.
nice post :)

7:46 PM  
Blogger John said...

michael kors handbags
uggs on sale
cheap soccer shoes
cheap ugg boots
michael kors outlet
jordans for sale
mont blanc pens
tory burch sale
coach outlet
gucci outlet
jordan retro
michael kors outlet
coach outlet
lebron 12
marc jacobs
hollister kids
michael kors outlet online
coach outlet
louis vuitton handbags
ugg boots
louis vuitton outlet
michaek kors handbags
cheap uggs
coach factory outlet
louis vuitton outlet
christian louboutin outlet
ugg boots
michael kors outlet clearance
louis vuitton backpack
ugg outlet
ray ban sunglasses outlet
oakley sunglasses wholesale
20151224yuanyuam

5:15 PM  
Blogger Unknown said...

www0528

swarovski outlet
clarks shoes
nike air max 2015
moncler jackets
nike presto
true religion outlet
suns jerseys
canada goose parka
oakley sunglasses
canada goose coats



8:11 PM  
Blogger te12 said...

qzz0705
canada goose jackets
cheap mlb jerseys
longchamp handbags
simulation shoes
polo ralph lauren
pacers jerseys
canada goose outlet
coach outlet online
michael kors handbags
kevin durant jerseys

2:37 AM  

Post a Comment

<< Home