The Urheka Project : Mimpi Dalam Mimpi

"All that we see, or seem, is but a dream within a dream." - Edgar Allan Poe, A Dream Within A Dream, 1846.

Wednesday, March 05, 2008

Semua Berasal Dari Pikiran

SEMUA BERASAL DARI PIKIRAN

Hari ini, tanggal 6 Maret. Saya membaca Daily Wisdom, 365 Renungan Ajaran Buddha. Tertulis bahwa semua berasal dari pikiran.

Ya, pikiran. Dalam aliran Tanah Suci, juga dikatakan bahwa hanya ada pikiran. Kita, setiap orang, menulis sendiri skenario kehidupannya masing-masing. Bahkan di saat jeda antar kehidupan, kita juga menulis naskah karma kita sendiri.

Ad sebuah pepatah kuno, saya lupa dari mana, mungkin dari The Tibetan Book of Death. Entahlah, rasanya juga tidak terlalu penting dari mana. Bunyinya bahwa apa yang kita dapatkan sekarang adalah hasil dari apa yang kita lakukan di masa lalu dan kehidupan lalu. Dan apa yang kita lakukan sekarang, akan menentukan seperti apa kita di masa depan, atau kehidupan yang akan datang.

Apa yang kita pikirkan, apa yang kita ucapkan, dan apa yang kita perbuat. Semua diawali dari pikiran. *** (6 Maret 2008, Urip Herdiman K.)

Labels:

2 Comments:

Blogger Unknown said...

Bener juga ....
semua yang kita hadapi dan akan lalui adalah berasal dari pikiran..
ketika kecil dulu kita punya keinginan untuk menjadi dokter.. kita berpikir bagaimana caranya untuk mencapainya.. dan sampailah kita padanya......
Gitu kali ya pak....

10:37 PM  
Anonymous Anonymous said...

sy jg paling memegang teguh kekuatan pikiran, krn byk sekali hal2 yg terjadi di kehidupan krn sy pernah berani memikirkannya dan ternyata bisa terealisasi..alhamdulillah.. ;)

7:05 PM  

Post a Comment

<< Home