The Urheka Project : Mimpi Dalam Mimpi

"All that we see, or seem, is but a dream within a dream." - Edgar Allan Poe, A Dream Within A Dream, 1846.

Wednesday, May 28, 2008

Laporan Cuaca Bulan Mei 2008, Tanpa Basa-basi

LAPORAN CUACA BULAN MEI 2008, TANPA BASA-BASI

1/
Ketika aku melangkah menembus malam…

Hanya kesunyian mencekam yang menyelimuti negeri atap dunia, Tibet. Kemarahan dan kelaparan dalam diam bersama topan Nargis yang memporak-porandakan Myanmar. Pencarian dan penderitaan di Sichuan. Semua bisa menjadi Buddha.

2/
Ketika aku berhenti dan berdiri menatap malam…

The Red Devils menaklukkan The Blues, dan mengangkat piala Liga Champions 2008 di Moskwa. Bursa pemain dibuka, agen-agen berkeliaran, bintang-bintang sok jual mahal. Memasang harga puluhan juta dollar, euro dan pounds.

3/
Ketika aku duduk melewati malam…

Harga minyak mentah meroket setinggi langit, menari-nari di atas awan, dan masih akan terus menembus langit ketujuh. Seratus tiga puluh lima dollar per barrel. Memecahkan semua rekor harga minyak dalam sejarah. Dan Goldman Sachs meramalkan harga akan mencapai dua ratus dollar per barrel sebelum akhir tahun 2008 ini.

4/
Ketika aku memejamkan mata…

Sophan Sophiaan pergi tanpa sempat pamit karena kecelakaan motor. Reformasi telah gagal, kata Amien Rais. Lho, bukankah Anda juga sempat mengawalnya, Tuan Plintat-plintut?

Bulan purnama penuh bersinar untuk semuanya. Kelahiran, pencerahan dan parinibbana. Semua bisa menjadi Buddha.

Peringatan 100 Tahun Kebangkitan nasional begitu megah dan kolosal. “Indonesia Bisa!” teriak SBY. Dan di hari yang sama, Ali Sadikin pergi pulang juga, ditemani Soerastri Karma Trimurti.

5/
Ketika aku merasakan nafas…

Tarik ulur telah selesai. Pemerintah memberikan kado yang terindah untuk rakyatnya yang setia. Selamat menikmati be-be-em dengan haarga baru.

Dengan penghasilan yang tidak naik-naik, hitung ulang pengeluaran Anda. Kencangkan ikat pinggang. Ugh! Hey, aku sudah tidak punya pinggang lagi…

6/
Ketika aku membuka mata…

Bukan basa-basi. Lumpur Lapindo merayakan ulang tahunnya yang kedua. “Selamat ulang tahun…” aku bernyanyi di dalam hati. Aburizal Bakrie masih bisa tersenyum di kursinya, dengan latar belakang Merah Putih. Dan Nurdin Halid belum jatuh juga.

7/
Ketitka aku mengayunkan kedua tanganku seperti pendulum…

Piala Euro 2008 tinggal beberapa hari lagi. Kita bisa pesta sebulan penuh. Kita perlu mabuk untuk melupakan semua persoalan ini. Hanya sementara, hanya sementara saja.

8/
Ketika aku berdiri tegak kembali…

Cuaca? Bagaimana dengan cuaca di tempat Anda saat ini? Cuaca adalah pikiran kita sendiri yang selalu berubah-ubah.

Sawangan – Jakarta, 24 – 28 Mei 2008

Urip Herdiman K.

Labels:

1 Comments:

Blogger Unknown said...

Cuaca saya cerah pagi ini.
Bagaimana cuaca di Sawangan hari ini?

8:02 PM  

Post a Comment

<< Home