The Urheka Project : Mimpi Dalam Mimpi

"All that we see, or seem, is but a dream within a dream." - Edgar Allan Poe, A Dream Within A Dream, 1846.

Thursday, June 26, 2008

Kemenangan dan Kekalahan

KEMENANGAN DAN KEKALAHAN

Seberapa jauh atau dekatkah kemenangan dan kekalahan itu? Ketika sebuah ramalan atau prediksi dibuat, kita meramalkan suatu kemenangan untuk suatu tim, dan kekalahan untuk tim yang lain. Sialnya, ramalan tidak selalu tepat, lebih sering meleset dan tertukar.

Bisakah dikatakan kemenangan dan kekalahan sama dekatnya, sama jauhnya? Dekat karena merupakan dua sisi mata uang logam. Dan jauh karena faktor-faktor yang bisa muncul tiba-tiba, sesuatu yang mengejutkan dan tidak diprediksi. Kemenangan yang di depan mata bisa lepas tiba-tiba, sementara kekalahan bisa tiba-tiba demikian akrab.

Kemenangan membawa kegembiraan. Wajah-wajah yang tertawa lebar. Ceria. Sementara kekalahan membuat wajah-wajah yang nelangsa. Menatap kosong.

Kemenangan dan kekalahan memang sulit dipahami, karena dia bagian dari kehidupan yang harus dijalani. Mungkin kemarin kalah, sekarang menang, besok kalah lagi atau menang lagi. Begitu terus mengikuti roda kehidupan yang selalu berputar. Penuh misteri. *** (24 – 26 Juni 2008, Urip Herdiman K.)

Labels:

0 Comments:

Post a Comment

<< Home