The Urheka Project : Mimpi Dalam Mimpi

"All that we see, or seem, is but a dream within a dream." - Edgar Allan Poe, A Dream Within A Dream, 1846.

Wednesday, November 04, 2009

Tai Chi (II) : Lingkaran Hitam Putih Reinkarnasi

TAI CHI (II):

LINGKARAN HITAM PUTIH REINKARNASI


Tell you ‘bout a dream that I have every night
Tell you ‘bout a dream that I have every night
It ain’t kodachrome and it isn’t black and white...


aku melihat simbol itu, mengamatinya.
dan kemudian berbalik, ketika tiba-tiba kudengar suara lembut.
“kembalilah!”

“kau bicara padaku?”
tanyaku berbalik badan lagi.

“ya, dengarkan aku dahulu, setelah itu kau boleh pergi,”
katanya.

“baiklah, aku mendengarkanmu.”

“lihatlah aku.
akulah lingkaran yang terus berputar tanpa henti
yang selalu bergerak setiap saat
mencari keseimbangan.

akulah lingkaran hitam dan putih.
di dalam bagian hitamku, ada satu noktah berwarna putih.
aku di dalam tubuh, aku dalam gelap.
di dalam bagian putihku, ada satu noktah berwarna hitam.
aku di luar tubuh, dalam penantian kesementaraan kosmik,
menanti kelahiran kembali. aku dalam terang.

akulah lingkaran yin dan yang
hitam dan putih
gelap dan terang
kelahiran dan kematian
terbit dan tenggelam

lihatlah aku.
jangan melihatku separuh hitam mengandung noktah putih.
atau separuh putih mengandung noktah hitam.
lihatlah aku secara utuh.

akulah jiwa yang mengembara dalam lingkaran yang utuh.
hitam putih.
Tai Chi.”

aku terjaga dinihari, sendiri.
Is it a dream?”

Sawangan, 11 Maret 2006 - Jakarta, 27 Februari 2007

Urip Herdiman

Catatan :
* Diinspirasikan dari buku Uncover Your Past Lives, karya Ted Andrews.
* Bait pertama adalah petikan lagu Psychobabble milik The Alan Parsons Project
dalam album Eye In The Sky, 1982.

Labels:

1 Comments:

Blogger Unknown said...

Tak tahu kenapa tapi memandang lingkaran hitam putih pada Yin dan yang itu sungguh menenangkan...

9:03 PM  

Post a Comment

<< Home